Wednesday, September 2, 2015

Meskipun ahli paleontologi mengklaim telah mengidentifikasi dinosaurus yang lebih besar, Argentinosaurus adalah yang terbesar yang ukurannya telah didukung oleh bukti yang meyakinkan. Titanosaurus raksasa ini (diberi nama Argentina, di mana sisa-sisa yang ditemukan pada tahun 1986) diukur sekitar 36,57 meter dari kepala sampai ekor dan mungkin memiliki berat hampir 100 ton.
Perbandingan ukuran Dinosaurus (diagram skala), menampilkan Argentinosaurus (36 meter), Spinosaurus (18 meter), Shantungosaurus (15 meter), Stegosaurus (9-10 meter) dan Triceratops (9 meter).


Satu ruas tulang belakang dari Argentinosaurus lebih dari 1 meter tebalnya! (lainnya, pesaing untuk gelar "dinosaurus terbesar" termasuk Futalognkosaurus, Bruhathkayosaurus dan Amphicoelias yang kurang kuat bukti kebenarannya; pesaing baru, masih tidak disebutkan namanya dan sekitar 130 kaki panjangnya, baru-baru ini juga ditemukan di Argentina.)


John Hurt menceritakan fakta-fakta di balik penemuan situs persarangan yang cukup besar di Patagonia modern. Sisa-sisa fosil menunjukkan Argentinosaurus meletakkan puluhan ribu telur dalam situs bersarang seluas 15 km yang digunakan selama ratusan ribu tahun.

Tukik Argentinosaurus, jika mereka berhasil bertahan hidup, akan tumbuh pada tingkatan yang luar biasa. Selama rentang kehidupan 40 tahun Argentinosaurus dapat tumbuh dari 4 kg ke 75 ton!

Video ini berfokus pada raksasa baru, kaliber berat di dunia dinosaurus. Hanya dalam beberapa tahun ini para ahli telah menemukan dinosaurus terbesar yang pernah hidup. Satu rakasa yang mengalahkan semua yang lain; lebih dari tujuh kali lebih berat dari Diplodocus. Si raksasa besar Argentinosaurus - tulang punggung tunggalnya bahkan lebih besar dari satu manusia. Selama bertahun-tahun, raksasa ini dianggap kebal dari serangan predator apapun.


Model Argentinosaurus (ukuran hampir penuh) di Clore Garden of Science di Weizmann Institute of Science
foto: Wikimedia Commons


Newer Post
Previous
This is the last post.

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer