Thursday, September 3, 2015

Kita masih di dalam keraguan dalam beberapa aspek kehidupan dinosaurus: bagaimana tepatnya mereka punah? Mengapa beberapa dari mereka beruntung sementara yang lain berumur pendek? Apa fungsi dari fitur aneh, seperti Spinosaurus dengan "layar"nya. Dan faktor-faktor apa yang menyebabkan keberhasilan evolusi mereka terjadi? Untuk saat ini, masih ada banyak hal yang kita tidak tahu tentangnya - dan ilmuwan tidak perlu takut untuk mengungkap hal itu.

Patung Dinosaurus di gerbang Wonderland Kanada
foto:Wikimedia
Dinosaurus hidup adalah dinosaurus non-aviatik yang selamat dari kepunahan kejadian Cretaceous-Paleogen. Istilah ini digunakan dalam paleontologi, biologi dan cryptozoology untuk mengacu pada jenis makhluk hidup yang berbeda. Dalam paleontologi, semua dinosaurus non-unggas diyakini telah punah selama kepunahan kejadian K-Pg, 66 juta tahun yang lalu. Namun ada beberapa bukti berserakan bahwa sebagian mungkin saja masih bertahan hingga ke zaman Paleocene. Hal ini diduga sebagai hewan yang disebut sebagai dinosaurus hidup. Dalam biologi, istilah ini kadang-kadang digunakan untuk menggambarkan burung, yang merupakan satu-satunya clade hidup dinosaurus saat ini.

Dalam biologi, "dinosaurus hidup" adalah burung modern. Penunjukan itu berasal dari garis keturunan evolusi burung sebagai satu-satunya clade dinosaurus telah berhasil selamat dari kepunahan masa Cretaceous-Paleogen. Lebih spesifik lagi, mereka adalah anggota dari Maniraptora, sekelompok theropoda yang mencakup dromaeosaurus dan oviraptorids, diantaranya.

Replika dinosaurus perenang di Columbia University
foto: www.columbian.com

Fosil Hidup

Sebuah fosil hidup merupakan spesies yang hidup (atau clade) organisme yang nampak mirip dengan spesies yang juga dikenal hanya dari fosil, biasanya tanpa kerabat dekat. Biasanya kemiripannya hanya dari kemiripan fisik yang terbayangkan, antara dua spesies yang berbeda, satu punah, dan lainnya masih hidup. Ini adalah istilah non-ilmiah informal yang kebanyakan digunakan di media awam.

Beberapa fauna ini secara informal dikenal sebagai "fosil hidup", yaitu:
  • Pelikan telah hampir tidak berubah sejak Eosen, dan tercatat telah lebih konservatif di Kenozoikum dari buaya
  • Alligator penyu derik (Macrochelys temminckii)
  • Crocodilia (buaya, gavials, Caiman dan buaya)- Buaya berhasil selamat dari peristiwa kepunahan K-Pg yang membunuh dinosaurus.
  • Labi-labi moncong babi (Carettochelys insculpta)
  • Penyu derik(Chelydra serpentina)
  • Tuatara - adalah jenis reptil, namun mempertahankan karakteristik yang lebih primitif dari kadal dan ular.
  • Echidnas - adalah salah satu dari beberapa mamalia bertelur.
Patung Dinosaurus di pedalaman Mongolia
foto: minwahleung.com


0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer